Cara Cek Imei Pada Samsung Smartphone Terbaru

Cara Cek Imei Pada Samsung Smartphone Terbaru

IMEI adalah nomor unik yang berfungsi untuk identitas suatu perangkat telekomunikasi, baik itu handphone ataupun tablet. Nomor IMEI pada suatu perangkat tidak mungkin sama dengan nomor IMEI di perangkat lainnya. Lantas, apa fungsi dari IMEI?

Banyak sekali fungsi yang dibawa oleh IMEI. Selain untuk identifikasi perangkat, nomor IMEI juga bisa berfungsi untuk melacak keberadaan perangkat yang hilang. Di samping itu, Anda juga bisa memastikan keaslian perangkat dengan menggunakan IMEI.

Cara Cek Imei Pada Samsung Smartphone Terbaru

Pengertian kode IMEI


Kode IMEI sendiri merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Seperti namanya, kode tersebut adalah identitas unik dari perangkat HP secara internasional. Jadi, setiap ponsel yang ada di seluruh dunia secara global, memiliki identitas masing – masing yang tidak pernah akan sama.

Sebagai penomoran yang unik, tak heran jika lantas kode IMEI kerap dicantumkan dalam nota pembelian, dus box, ataupun nota garansi dan berbagai keperluan lain yang menyebutkan tentang identifikasi HP.

Ciri khas yang bisa dilihat dengan jelas dari kode IMEI adalah susunan angka terdiri dari 14 sampai 16 digit. Ponsel terbaru biasanya berjumlah 16 digit.

Fungsi utama dibuatnya kode IMEI adalah identifikasi ponsel. Tak hanya itu saja, kode IMEI juga bisa difungsikan untuk pemblokiran jaringan ketika ada yang menyalahgunakan ponsel, persis seperti konsep nomor rekening tabungan di bank.

Jadi, apabila ponselmu hilang atau dicuri, kamu bisa segera melaporkan kode IMEI tersebut ke provider untuk dilakukan pemblokiran agar sang pencuri tak bisa menggunakan ponsel. Selain itu, kamu juga bisa menyerahkan kode IMEI ke kepolisian untuk identifikasi dan menindaklanjuti kasus pencurian berdasarkan pelacakan terhadap kode IMEI.

Tips Dasar untuk Cek IMEI Samsung

Untuk mengecek berapakah nomor atau kode IMEI Samsung, kamu bisa menggunakan 2 Cara Cek IMEI Samsung.  Berikut adalah langkah – langkahnya:

1. Melalui Keypad
  • Pada keypad, tekan kode *#06#.
  • Kemudian, tekan tombol call.
  • Kode IMEI akan segera tampil di layar.
Cara Cek IMEI Samsung ini berlaku untuk semua jenis ponsel dengan berbagai tipe dan merek.

2. Melalui Setting
  • Pada menu aplikasi, klik Settings.
  • Cari About Phone.
  • Cari kode IMEI.

Atau anda bisa menggunakan cara yang lain untuk mengetahui Imei pada Handphone samsung anda.Cara ini bisa kalian lakukan langsung pada android dengan memanfaatkan setelan.

Ikuti langkah berikut:

  1. Buka ‘Settings’ pada perangkat Android Anda
  2. Pilih menu ‘About Phone’ yang terletak di bagian paling bawah
  3. Tekan ‘Status’, lalu scroll layar ke bawah sampai Anda menemukan nomor IMEI perangkat. Sekedar informasi, ponsel GSM umumnya menggunakan nama ‘IMEI’, sedangkan ponsel dengan jaringan CDMA biasa menggunakan nama ‘MEID’
  4. Copy nomor IMEI tersebut ke clipboard sehingga Anda tidak perlu menulis nomor tersebut secara manual
  5. Kemudian, masuk ke browser (bisa melalui ponsel atau komputer) dan log in ke Google Dashboard dengan alamat email yang Anda gunakan di perangkat Anda
  6. Setelah berhasil log in ke Google Dashboard, klik ikon Android
  7. Daftar perangkat yang pernah Anda gunakan akan muncul di layar Anda, pastikan IMEI yang tertulis di Google Dashboard sama dengan nomor IMEI yang sudah Anda copy sebelumnya.

Jika anda membeli android dalam keadaan baru anda bisa cek imei pada dusbook biasanya ada di sebelah samping atau bawah, Kemudian anda bisa mencocokan dengan di dalam handphone biasanya di dalam batrai sebaikanya anda buka batrai dan akan tertera disana nomer imei.

Setelah mengetahui kode IMEI Samsung, kamu bisa mengunjungi website IMEI.info. Pada situs ini kamu bisa mengetahui berbagai info yang lebih rinci mengenai kode IMEI ponsel. Termasuk model, perusahaan pembuat hingga tahun dirilis. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan admin gionogames mengajurkan anda menyimpan imei di tempat aman, Dan akan anda butuhkan jika terjadi sesuatu pada samsung anda.

Share this:

Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.

Tidak ada komentar